‘Creative People’ Ingin Selalu Produktif?

Menjadi seseorang yang selalu produktif tentunya menjadi keinginan setiap orang, apapun itu profesinya. Akan tetapi untuk bisa dalam top perfoma dan meraih produktivitas yang tinggi, kita dituntut harus memiliki komitmen disiplin yang tinggi juga, mampu menghindari serta meminimalisir gangguan dan membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik.

Cara agar selalu produktif

Beberapa hari yang lalu banyakIDE.com sempat stalker-in lamannya salah satu kontributor entrepreneur.com Matt Mayberry yang juga seorang CEO dari Matt Mayberry Enterprises, yang kebetulan sedang membagikan tips sederhana untuk membuat kita tetap produktif sepanjang hari. Berikut pemaparannya:

Hindari email, sosmed dan gadget di pagi hari

Jika ‘creative people’ termasuk orang yang cukup addicted dengan gadget, sehingga ketika baru bangun tidur pun langsung memeriksa email dan sosmed, maka janganlah heran kalau waktu dua sampai tiga jam di pagi hari akan terbuang sia-sia.

Lain hanya dengan seorang Mayberry selalu meletakkan gadgetnya di ruangan yang terpisah. Hal tersebut dilakukannya dikarenakan pada pagi hari dia harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari bersiap untuk bekerja, membaca buku terlebih dahulu selama 20 menit, bahkan menyempatkan bermeditasi. Setelah semuanya terlaksana, barulah mayberry memeriksa gadgetnya.

Tentukan tenggat waktu bekerja

Hal ini bukan bermaksud menganjurkan ‘creative people’ bekerja hampir di batas deadline. Melainkan memberikan batasan waktu untuk fokus bekerja dan selanjutnya tidak melakukan hal lain sama sekali. Seperti contoh yang dilakukan oleh Mayberry, dia selalu bekerja selama 50 menit sebelum akhirnya beristirahat. Bekerja dengan tenggat waktu ini akan membuat ‘creative people’lebih memfokuskan diri dalam menyelesaikan tugas. Dan bisa jadi dengan hadiah berupa istirahat sejenak ini, mungkin dapat menambah gairah dan semangat kita dalam bekerja pada tenggat waktu tersebut.

Beristirahat sejenak diantara tenggat waktu

Biasanya Mayberry selalu melakukan istirahat selama 10 sampai 15 menit setelah fokus bekerja selama 50 menit. Ketika waktu beristirahat sejenak ini, Mayberry biasanya berjalan-jalan, berlatih pernapasan atau stretching sebentar. Lalu setelah waktu istirahat 10 sampai 15 menit ini berakhir, dia pun sudah siap untuk bekerja lagi. Hal ini bisa ko ‘creative people’ tiru dan siklus tersebut juga bisa kitalakukan berulang kali selama jam kerja. Harus selalu ingat bahwa kita pastimembutuhkan waktu istirahat untuk mengembalikan rasa fokus bekerja.

Leave a Reply